Senin, 14 Desember 2009

YIN-YANG, KONSEP TERMODINAMIKA DALAM SISTEM PENGOBATAN HERBAL CINA

Dalam sistem obat dan pengobatan tradisional Cina, penggunaan obat dalam pengobatan didasarkan pada kesetimbangan energi Yin-Yang. Yin adalah enegi dingin, sedangkan Yang adalah energi panas. Dalam tubuh yang sehat, Yin dan Yang selalu dalam kesetimbangan. Menurut konsep terapeutik herbal Cina, sifat utama dari obat herbal adalah pengaturan kesetimbangan antara Yin dan Yang. Bila kesetimbangan Yin-Yang terganggu, akan terjadi gangguan kesehatan. Bila energi bergeser ke arah Yin (dingin), misalnya pada penderita demam, maka kepadanya perlu diberikan obat yang berkarakter Yang, sehingga terjadi transfer energi antara Yin-Yang mengarah kembali pada keadaan kesetimbangan, atau bila energi bergeser ke arah Yang, perlu diberikan obat yang berkarater Yin hingga terjadi lagi kesetimbangan. Konsep sederhana yang mengacu pada Termodinamika, Hukum Hess yang mengatakan bahwa bila dua benda berbeda suhu dicampurkan, benda yang bersuhu lebih tinggi akan memberikan sebagian panasnya kepada benda yang lebih dingin hingga terjadi kesetimbangan. Sangat mengagumkan karena konsep Yin-Yang diterapkan masyarakat tradisonal Cina sebagai konsep terapeutik herbalnya jauh sebelum Hukum Termodinamika ditemukan.

Dalam konsep Yin-Yang sebagai konsep terapeutik Cina menggunakan obat herbal, masyarakat tradisional Cina menganggap bahwa makanan adalah sumber penyebab terjadinya penyakit. Mereka berpendapat kelebihan atau kekurangan makanan (dalam pengertian energi) akan menyebabkan kesetimbangan Yin-Yang dalam rongga perut (viscera) akan terganggu sehingga menyebabkan terjadinya keadaan sakit. Sebuah contoh yang indah untuk menjelaskan ini, bila makanan mengandung glukosa berlebihan, terjadi kelebihan energi yang menyebabkan kesetimbangan Yin-Yang dalam viscera terganggu dan menyebabkan penyakit diabetes. Untuk mengobatinya perlu masukan obat yang bertindak mengurangi kelebihan energi tersebut dan mengembalikannya lagi ke arah kesetimbangan. Jadi dalam konsep terapeutik Cina, prinsip Yin-Yang sedemikian sederhana namun mempunyai penggunaan yang luar biasa.

13 komentar:

  1. horeeeeeeeeeeeeee jadi orang pertama....pokpokpok...

    contoh ying dan yang adalah bentuk keseimbangan yang harus dijalani dalam hidup...tanpa kita sadar konsep itu ternyata sudah ada dari zaman dulu..yang intinya jeli melihat posisi kita dimana..apa yang kurang dan apa yang lebih.. karena saat kita tau posisi kita dimana, sebenarnya kita harus sesegera mungkin mengkoreksi untuk kembali di zona seimbang..
    nuhun

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum,Wr.Wb.

    sebenernya hampir semua orang menyadari, keseimbangan harus senantiasa diupayakan baik dlm sistem pengobatan ataupun hidup. namun, walau menyadarinya, upaya mencapai keseimbangan ternyata tidak mudah utk dicapai. Semoga dengan makin banyak fenomena keseimbangan yg kita temui, kita pun termotivasi utk senantiasa mencapai keseimbangan tersebut

    BalasHapus
  3. hidup itu harus seimbang,,
    sesuatu yang melebihi kadar atau porsinya akan menyebabkan keracunan dan yang paling buruk dampaknya adalah kematian,,
    sesuatu yang porsinya kurang itu menandakan ketidakefektifan dan ketidakoptimalan..
    ahahaha..

    BalasHapus
  4. seperti yang temen-temen bilang, hidup memang harus seimbang,..dalam aspek apapun itu memang diperlukan keseimbangan, tidak hanya dalam masalah kesehatan juga dalam hal lainnya. karena itu sudah seharusnya kita tidak mengurangi apa yang bisa kita usahakan untuk mencapai kebaikan hidup juga tidak berlebihan dalam memanfaatkan kebaikan hidup yang telah dianugrahkan,..

    BalasHapus
  5. dhini : seperti yang temen-temen bilang, hidup memang harus seimbang,..dalam aspek apapun itu memang diperlukan keseimbangan, tidak hanya dalam masalah kesehatan juga dalam hal lainnya. karena itu, sudah seharusnya kita tidak mengurangi apa yang bisa kita usahakan untuk mencapai kebaikan hidup juga tidak berlebihan dalam memanfaatkan kebaikan hidup yang telah dianugrahkan,..

    BalasHapus
  6. menurut saya:
    sesuatu yang berlebihan dan berkekurangan memang tidak baik
    namun sumber penyakit bukan hanya dari makanan
    namun juga keadaan psikologis
    kebersihan jiwa, rohani
    kebersihan tubuh
    kebersihan sosial
    jadi kesemuanya itu harus seimbang
    terimakasih

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum,,
    Subhanallah,,
    Hebat bener konsep Yin dan Yang itu,,
    mereka (masyarakat tradisional Cina) udah melambung banget pengetahuannya, kita masih belum merdeka,,
    (apa sih nedhew ga nyambung banget hehe,,)

    Banyak makna yang terkandung dalam konsep tersebut mengenai keseimbangan,,
    seperti yang telah temen2 utarakan di atas,,
    kitapun harus memperhatikan keseimbangan tujuan hidup kita,,
    dalam meraih kehidupan dunia dan akhirat,,
    beribadahlah sungguh2 seakan2 besok kita akan mati,tapi berusahalah (bekerja dalam memenuhi kehidupan di dunia=materi)seakan2 kita hidup seribu tahun lagi,,
    intinya,, harus seimbang antara dunia dan akhirat,,
    amien,,
    Wassalumu'alaikum,,

    BalasHapus
  8. Menurut saya hidup memang tentang keseimbangan..
    Kita hidup di dunia, harus seimbang dalam hal kehidupan dunia dan kehidupan akhirat agar kita mendapatkan surga..
    Begitu pula kesehatan, seseorang dikatakan sakit ketika terjadi ketidak seimbangan di dalam tubuhnya dan dengan menggunakan konsep Yin and Yang kita dapat menyembuhkan suatu penyakit..
    Oleh karena itu marilah kita menjaga keseimbangan agar tercipta suatu ritme hidup yang harmonis dan dinamis...

    BalasHapus
  9. Menurut saya keseimbangan yin dan yang itu mengajarkan kita untuk tidak berlebihan dalam hidup, dalam segala aspek, karena hidup berlebihan itu akan membahayakan diri kita sendiri, selain itu mengajarkan kita untuk selalu berusaha intropeksi diri, menyadari posisi kita dimana, sehingga kita tahu kekurangan kita dan berusaha meningkatkan potensi diri.

    BalasHapus
  10. konsep keseimbangan dalam kehidupan termasuk di bidang kesehatan, sebenarnya tidak hanya dijelaskan dalam konsep yin yang. konsep keseimbangan juga dijelaskan pada pengobatan aryuveda, dimana kehidupan yang sempurna adalah dimana terdapat keseimbangan antara perilaku hidup manusia dan alam.
    jika kita mengharapkan kehidupan yang bahagia,maka keseimbangan dalam hidup harus kita jaga.

    BalasHapus
  11. Tak salah jika Rasullulah SAW dalam hadisnya menyebutkan belajarlah sampai negeri China..Memang semuanya berawal dari keseimbangan,Yang paling penting adalah keseimbangan dalam segala aspek kehidupan kita, jasmani dan rohani..aspek sosial (habluminanas) dan spiritual (habluminallah).

    BalasHapus
  12. falsafah hidup yang mendasar dan sangat dekat dengan seorang muslim : Tawazun..

    begitulah memang segala sesuatu diciptakan..berpasangan sehingga mampu saling melengkapi..

    BalasHapus
  13. menjaga hidup agar tetap seimbang itu adalah salah satu bentuk dan prinsip hidup sehat, tp bagaimana carax?
    pantasan orang cina klo bicara soal tanaman mereka pake istilah ini bersifat panas dan itu dingin..tp sampe sekarang masih penasaran kenapa China dijadikan simbol tempat menuntut ilmu setinggi2nya??bukan dinegara asal Aristoteles, Galileo, yg identik dengan temuan2 ilmiahx???

    BalasHapus