Senin, 15 Februari 2010

MANAJEMEN APOTEK

Manajemen Apotek, adalah manajemen farmasi yang diterapkan di apotek. Sekecil napaun suatu apotek, sistem manajemEnnya akan terdiri atas setidaknya beberapa tipe manajemen, yaitu :
1. Manajemen keuangan
2. Manajemen pembelian
3. Manajemen penjualan
4. Manajemen Persediaan barang
5. Manajemen pemasaran
6. Manajemen khusus
Manajemen keuangan tentunya berkaitan dengan pengelolaan keuangan, keluar masuknya uang, penerimaan, pengeluaran, dan perhitungan farmako ekonominya.
Manajemen pembelian meliputi pengelolaan defekta, pengelolaan vendor, pemilihan item barang yang harus dibeli dengan memperhatikan FIFO dan FEFO, kinetika arus barang, serta pola epidemiologi masyarakat sekitar apotek.
Manajemen penjualan meliputi pengelolaan penjualan tunai, kredit, kontraktor
Manajemen persediaan barang meliputi pengelolaan gudang, persediaan bahan racikan, kinetika aarus barang. Manajemen persediaan barang berhubungan langsung dengan manajemen pembelian.
Manajemen pemasaran , berkaitan dengan pengelolaan dan teknik pemasaran untuk meraih pelanggan sebanyak-banyaknya. Manajemen pemasaran ini tampak padaapotek modern, tetapi jarang diterapkan pada apotek-apotek konvensional.
Manajemen khusus, merupakan manajemen khas yang diterapkan apotek sesuai dengan kekhasannya, contohnya pengelolaan untuk apotek yang dilengkapi dengan laboratorium klinik, apotek dengan swalayan, dan apotek yang bekerjasama dengan balai pengobatan, dan lain-lain.

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
    Untuk mengelola apotek,diperlukan manajemen dalam menyusun rencana kerja
    (planning) untuk mencapai suatu tujuan. Apoteker Pengelola Apotek dalam menjalankan profesinya tidak hanya sebagai penanggung jawab teknis kefarmasian tetapi dapat mengelola apotek sesuai dengan prinsip2 bisnis yang dapat memberikan keuntungan kepada pihak2 yg memiliki kepentinan tanpa harus menghilangkan fungsi sosialnya di masyarakat. Apotek sebagai tempat pendistribusian perbekalan farmasi dan kesehatan dari supplier ke konsumen memiliki fungsi2 kegiatan yang telah Bpk jelaskan di atas agar pengelolaan apotek berjalan dengan baik (menguntungkan). Selain itu,dalam melaksanakan rencana kerja harus ada pembagian kerja (organizing) lalu melaksanakannya (actuating) serta pengawasan (controlling) terhadap kinerja yang diperoleh.. Semoga prinsip2 manajemen apotek ini dapat kita terapkan dikala kita membangun sebuah apotek kelak.. Amien ya robbal alamien. Hatur nuhun Pak :-) Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

    BalasHapus
  2. Nice Post gan,
    salam
    ekoputerasampoerna.blogspot.com

    BalasHapus