Selasa, 02 Maret 2010

PIRAMIDA MESIR DAN BOROBUDUR

seseorang memulai perjalanan imajiner ke masa Mesir Purba, dia masuk ke dalam piramid, imajinasinya berkelana dari puncak piramida hingga ke dasarnya. Di atas puncak, ada peti batu tempat mummi firaun, lalu dibawahnya ada peti-peti lain, hingga berakhir di bagian paling bawah, kotaknya panjang tempat pekerja-pekerjanya yang mati ketika membuat mahakarya itu. Imajinasinya lalu membuat garis-garis vertikal dan horizontal yang kemudian tampak seperti struktur organisasi sebuah perusahaan.Paling atas tempat direktur utama hingga paling bawah untuk penempatan karyawan.Ternyata struktur organisasi harus kuat seperti piramid. Lalu perjalanan imajiner diteruskan hingga sampai di candi borobudur. Paling tinggi adalah stupa yang diibaratkan tempat presiden direktur, lalu banyak direktur -direktur kecil dibawahnya, seperti struktur organisasi lagi. Ketika orang itu merenung selepas perjalanan imajinernya, dia termenung, apa sih perbedaan mendasar dari struktur organisasi ala piramida dengan struktur organisasi ala borobudur.Ada yang bisa membantu?

9 komentar:

  1. Ummm...blm ada yg jawab ya?boleh kucoba jawab?

    Kalo inget2 struktur organisasi yg kupelajari dari mata kuliah manajemen farmasi oleh Bpk Moelyono MW, imajinasi saya ttg piramid dan candi borobudur menyerupai struktur organisasi lini dan fungsional. Dimana piramid menyerupai struktur organisasi lini sedangkan candi borobudur yg berbentuk punden berundak menyerupai struktur organisasi fungsional..

    Apakah imajinasi sy sama seperti imajinasi tokoh dalam cerita?dan apakah sama dgn imajinasi tmn2 semua?

    Regards,

    Abe

    BalasHapus
  2. KLo menurut nana,, Borobudur tuh bwahnya ada direktur2 kecil atasnya direktur utama,, kLo Piramid bawahnya karyawan biasa dan hanya ada satu direktur utama paling atas pak,, gmn pak??

    BalasHapus
  3. ya silakan saling memberikan pendapat, ini adalah sarana untuk pengayaan ilmu dan melatih keberanian memberikan pendapat. Saya cuma melempar masalah, kita semua yang mengambil intisarinya nanti. Semua pendapat relatif benar koq, karena kebenaran mutlak bukan milik kita

    BalasHapus
  4. Klo aku mah cuma bisa ngomentarin gn...
    Puncak piramid maupun puncak borobudur itu ga bakal ada tanpa adanya bagian terbawahnya.. begitupun suatu organisasi, tidak mungkin ada puncak pimpinan jika tak ada karyawan bawahan n tidak berjalan pula suatu organisasi jika semuanya hanya menjadi karyawan tanpa ada yang menjadi pemimpin..
    hehehe...
    ga nyambung ya jawabannya.... : )

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum hehe..
    Yaaa ga dpt komen pertama lg..
    Aq lg kape di apotek uber Pak..
    Minta doanya ya Pak..
    Eh kelupaan deh mw komen..
    Menurv aq,kalo yg piramida,struktur organisasi dimana semua bawahan bertanggung jawab langsung kpd direktur utama,sedangkan yg borobudur,struktur organisasi dimana bawahan bertanggung jawab kepada atasan yg lebih tinggi,demikian seterusnya sampai presiden direktur menerima pertanggungjawaban dr direktur2 kecil.. Dan nampaknya lebih baik yang borobudur,karena pengawasan kinerja karyawan lebih mudah diarahkan/diawasi..
    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  6. Assalamu’alaikum wr wb
    Bpk perkenalkan saya frisky, mahasiswi baru bpk di profesi Apt
    Saya tertarik untuk ikut beragumen y pak….
    Menurut saya, perbedaan mendasar dari 2 struktur organisasi piramida dan borobudur adalah tanggung jawab dan sistem pengawasannya.
    Struktur organisasi borobudur lebih terkontrol, dimana direktur kecil mudah mengawasi kinerja dari tiap2 bawahannya secara langsung dan memiliki tanggung jawab penuh terhadap organisasi kecilnya. Direktur utama hanya mengawasi dan meminta pertanggungjawaban dari direktur2 kecilnya.
    Sedangkan struktur organisasi piramida tanggung jawab sepenuhnya ada pada seorang yang duduk ditempat tertinggi, dan pengawasannya harus menyeluruh, dari bawahan yang persis berada dibawahnya hingga bawahan yang paling dasar.

    BalasHapus
  7. Perkenalkan pak,nama saya Resha, Mahasiswi Apt baru bpk.
    Klo Menurut Saya, Bentuk organisasi Piramida yaitu bentuk organisasi tunggal,organisasi yang pucuk pimpinannya ada di tangan seorang. Sebutan jabatan untuk bentuk tunggal antara lain Presiden,organisasi yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam semua bidang pekerjaan, baik pekerjaan pokok maupun pekerjaan bantuan.
    Sedangkan Bentuk Organisasi Borobudur,bentuk organisasi jamak, organisasi yang pucuk pimpinannya ada di tangan beberapa orang sebagai satu kesatuan dan organisasi fungsional yang wewenang dari pucuk pimpinan dilimpahkan kepada satuan-satuan organisasi di bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu; pimpinan tiap bidang berhak memerintah kepada semua pelaksana yang ada,menyangkut bidang kerjanya.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Pak..ikut menyalurkan pendapat ya Pak, hehehe

    menurut saya, perbedaan struktur organisasi ala piramida dan borobudur itu terletak pada koordinasi antara atasan (manajer) dengan bawahan (karyawan). di struktur organisasi ala piramida keliatannya manajer langsung menugaskan suatu pekerjaan pada kepala bagian tertentu yang membawahi karyawannya, dimana tampaknya tidak ada koordinasi antara kepala bagian yang satu dengan kepala bagian yang lainnya.
    Sedangkan struktur organisasi ala borobudur, dilihat dari struktur bangunannya yang mempunyai lantai tiap tingkatannya yang menghubungkan stupa yang satu dengan stupa yang lain menandakan bahwa setelah adanya perintah untuk melakukan pekerjaan dari atasan (manajer), masing-masing kepala bagian saling berkoordinasi antar bagian untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

    BalasHapus
  9. saya Anggie bapak, perbedaannya klomenurut saya ada di skala organisasinya. kalo piramida merupakan jenis organisasi skala kecil dimana ada satu "bigboss" sedangkan borobudur merupakan jenis organisasi skala besar dimana ada beberapa manajer yang membantu sang "Bigboss" untuk memanage perusahaannya. :)

    BalasHapus