Senin, 19 Oktober 2009

Genghis Khan

Genghis Khan suatu malam mengumpulkan kepala pasukannya. Dia memberi tahu besok akan menyerang suatu wilayah lembah yang subur yang dikelilingi gunung-gunung. Dia mengatur agar pasukannya masuk dari celah-celah gunung agar musuh tidak bisa keluar. Pasukan panah harus membantu pasukan berkuda dengan panah-panah api. Besoknya pasukan Genghis Khanmulai bergerak. Genghis Khan menatap tajam dari atas kudanya. Ketika matahari mulai terbit dia berseru : "Serang....hancurkan musuh...."
Cerita? atau pelajaran?.....semua tergantung anda...

29 komentar:

  1. kl menurut saya, pelajaran.
    karena Genghis Khan :
    1. membaca dl situasi yang akan dikerjakan.
    2. merencanakan strategi yang akan ditempuh.
    3. mengamati situasi yang akan dihadapi.
    4. melakukan pekerjaan sesuai dengan tujuan.

    BalasHapus
  2. Menurut saya pelajaran.
    Genghis Khan sebagai pemimpin merencanakan hal yang akan dilakukannya,karena dia telah memahami situasi yang akan dihadapi,lalu dia menyusun strategi yang akan dilakukan,kemudian dia melaksanakan tujuannya tersebut pada waktu yang paling tepat,hal tersebut dilakukan oleh Genghis Khan untuk mencapai tujuannya.

    Dinda Anggiyana

    BalasHapus
  3. walah ga jadi pertamax lagi... ^_^

    menurut saya itu cerita yang mengandung pelajaran, akan tetapi pelajarannya tidak akan dapat diambil karena ceritanya hanya sepenggal.Untuk mendapatkan suatu pelajaran dari suatu cerita, seharusnya kita harus mengetahui jalan ceritanya dari awal hingga akhir.

    Dari sepenggal cerita diatas,kita memang mengetahui bahwa Genghis Khan merencanakan segala sesuatu yang akan dia lakukan, tetapi hasil dari merencanakan segala sesuatu yang akan dikerjakan olehnya tidak diceritakan, apakah dia menang atau kalah...Sehingga kita tidak memperoleh pelajaran dari cerita tersebut.

    Akan lebih baik jika ceritanya dilanjutkan hingga akhir,tentu banyak sekali pelajaran yang dapat diambil.

    Regards,
    Abe

    BalasHapus
  4. Sebelumnya buat saudara Abe (Abdul Rohman W) kalo ingin tau ceritanya lebih lanjut bisa ntn film The Blue Wolf kalo gk salah, nanti kalo mu pinjem cdnya jg boleh..he

    Menurut saya pk cerita Genghis Khan di atas bisa disebut cerita bisa juga disebut pelajaran. Disebut cerita jika kita tidak bisa mengambil pelajaran dari cerita tersebut, sehingga hal tersebut hanyalah sebuah cerita saja, dan disebut pelajaran jika kita dapat mengambil suatu pelajaran dari cerita tersebut.Karena biasanya suatu pelajaran biasanya diambil dari suatu pelajaran diambil dari cerita atau peristiwa.Mudah2an kita selalu bisa menjadikan suatu pelajran dari segala sesuatu.

    Terimakasih
    Tebe (Erfan Chandra Nugraha)

    BalasHapus
  5. kata si bapaknya manajemen adalah strategi, dan gengis khan adalah salah satu contoh..

    yg jd masalah bgmn kita bisa menerapkanx dlm khdupan sehari2????
    bertahan hiduppun adalah suatu strategi, bagaimana kita memanajeri diri biar kita bisa diterima dan dpt memberikan efek timbal balik yg baik bwt org lain....tidak setiap orang ditakdirkan untuk menjadi pemimpin, tp bgmn kita mengasah apa yg sdh ada agar menjadi jauh lbh baik n berguna..
    setiap pribadi adalah unik, tinggal bgmn cr kita menghandle n beradaptasi dgn setiap org agar kita ttp dpt bersaing n bertahan hidup...dan tentunya dengan sebuah strategi...!!!!

    BalasHapus
  6. menurut saya itu tergantung daripribadi masing- masing apakah termasuk cerita atau pelajaran. tetapi setelah mengikuti pelajaran manajemn saya menjadi tahu bahwa cerita itu bisa dijadikan pelajaran yang menuntun kita bagaimana caranya mengatasi masalah yang ada. dalam cerita ini tersirat mengenai tujuan yang terencana, rencana yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan, serta mengontrol agar rencana yang ada rencana yang telah dibuat dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

    BalasHapus
  7. Aslmkm,,
    Menurut saya, ilustrasi tersebut termasuk pelajaran yang harus ditanamkan bagi seorang manajer. Manajer harus berani mengambil keputusan logis apa yang harus diperbuat, berupa strategi yang terbaik untuk mencapai tujuan, berdasarkan pertimbangan2 nyata di luar sana..Disini diperlukan kerjasama yang tinggi antara manajer dengan bawahannya untuk mencapai tujuan tersebut..
    Wslmkm,,

    BalasHapus
  8. klu menurut pur itu merupakan cerita yang isinya adalah suatu pelajaran buat yng membacanya pastinya.
    Dan intinya bahwa Gengish Kan tersebut telah melakukan perencanaan yang dibagikan kepada pasukannya untuk melakukan tujuan yang telah diatur sebelumnya, dengan perencanaan yang baik dan matang maka tujuan yang direncanakan tersebut pasti akan terlaksana dengna baik pula.
    -purnama-

    BalasHapus
  9. Assalmmualaikum..
    Menurut saya cerita itu adalah pelajaran.. dalam sebuah cerita pasti ada makna yang tersirat didalamnya. pada cerita Genghis Khan ini tersimpan makna yang sangat berharga dalam hal pelajaran mengenai "kepemimpinan", bahwa seorang pemimpin sebelum terjun langsung ke "medan perang",harus bisa menyusun strategi, harus memiliki kharisma sehingga mampu mempengaruhi orang lain agar mengikuti perintahnya, harus bisa mengambil keputusan dengan tepat. seorang pemimpin juga harus dapat melindungi anak buahnya, oleh karena itu baik keputusan ataupun strategi yang disusun oleh "pemimpin" haruslah berdasarkan pemikiran yang smart.
    Vielen Dank...

    BalasHapus
  10. Menurut saya, pelajaran yang dapat dipetik dari cerita di atas adalah, bahwa kita di dalam hidup harus memiliki:
    1. Tujuan
    2. Strategi demi mencapai tujuan
    3. Berjuang demi mencapai tujuan
    4. Koordinasi
    5. Mengawasi jalannya strategi yang telah kita rancang, sehingga kita tahu kapan saatnya tetap maju dan saatnya mundur untuk merancang lagi strategi yang baru demi mencapai kemenangan (Tujuan)..
    Terima Kasih...

    BalasHapus
  11. Menurut saya cerita atau pelajaran semuanya tergantung sudut pandang kita memandangnya.

    tetapi menurut saya itu pelajaran yang dapat di petik.
    yaitu dalam melakukan sesuatu kita harus melakukan perencanaan yang mantab, juga perlu pengawasan dimana prinsip2 manajemen digunakan oleh Genghis Khan untuk mencapai tujuannya yaitu menang dalam perang..

    begitu juga kita, yang harus menggunakan prinsip2 manajemen dalam melakukan segala sesuatunya agar semuanya sistematis dan terkendali...

    terima kasih..

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. cerita atau pelajaran? tergantung dari mana film itu dilihat, bagi peminat film pasti itu hanya sebuah cerita dan hiburan tapi bagi yang menononton bukan sekedar hiburan pasti mgerti ada hikmah dan pelajaran dibalik cerita....setiap cerita pasti ada pelajaran yang bisa diambil karena si penulis menceritakan sesuatu bukan asal-asalan
    Dari segi hanya cerita, saya suka film dengan genre seperti ini
    Dari segi pelajaran yang dapat diambil yaitu Genghis Khan sudah tahu letak geografisnya dan bagaimana harus menyerang dan mengepungnya, berati kenali musuh kita sebelum menyerangnya. dari segi waktu penyerangan sewaktu fajar tiba agar musuh terlihat dan penyerangan efektif dibandingkan penyerangan dilakukan saat malam hari yang gelap mengingat wilayah dikelilingi gunung.

    BalasHapus
  14. dua2nya benar....bisa jd cerita jg bisa jd pelajaran,,,,tergntung dr sudut mna org yg mmbacanya menilai....;p

    BalasHapus
  15. menurut saya merupakan cerita yang mengandung pelajaran yang menceritakan tentang seorang tokoh pemimpin dalam sejarah Mongolia. pelajaran yang bisa dipetik yaitu sebagai seorang pemimpin, kita harus bisa mengatur strategi dan siasat untuk mencapai sebuah tujuan dengan di dasari kerjasama tim yang baik.

    _Ike Wulandari Zaldy_

    BalasHapus
  16. hmmm...
    menurut saya dari sebuah cerrita hendaknya kita dapat menarik kesimpulan dari cerita yang dapat berupa pelajaran mengenai pengalaman hidup orang lain, pengalaman hidup pendahulu kita, pelajaran sejarah dan pelajaran manajerial, (he biar nyambung aja dengan manajemen).
    Gengis khan adalah seorang manajer yang dapat memimpin pasukannya, ia mulai menetapkan tujuan, planning bagaimana bertindak dan melakukan tindakan terorganisir bersama pasukannya.
    walau ceritanya sepenggal dan terkesan sadistis, tapi bagus juga kalo diteruskan,..he, biar seru gitu.

    BalasHapus
  17. cerita iya.. pelajaran juga iya..
    dlm setiap cerita terkandung pelajaran, masalahnya kita jeli atau tidak menangkap pelajaran itu..

    Jelas sekali Gengis Khan adalah seorang manajer yg profesional.. dia merencanakan segalanya dengan matang..

    sebenarnya kehidupan modern sekarang ini bagaikan zaman perang di masa lalu, jika kita ingin menang, strategi yg harus diterapkan adalah kita harus mengenali diri sendiri dan mengenali lawan kita, seperti yg dikatakan Sun Tzu dalam bukunya yg berjudul The Art of War..

    BalasHapus
  18. menurut saya itu cerita yang mengandung pelajaran,.. setiap akan melakukan sesuatu pasti harus direncanakan sedemikian rupa, misalnya dengan strategi yang sistematis agar dapat meminimalisir kesalahan dan kita dapat dengan tanggap mengevaluasi hasil akhirnya.

    BalasHapus
  19. merupakan suatu cerita yang dapat diambil pelajarannya, hal ini seperti manajemen strategi, merupakan perencanaan strategi yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi), dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan suatu organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan operaional untuk menghasilkan barang dan/atau jasa serta pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan (disebut tujuan strategis) dan berbagai sasaran organisasi. Hal tersebut digambarkan dgn susunan rencana peperangan di atas.

    BalasHapus
  20. PelajaRan....Dimana Sbelum B'tindak haruz ada Plening Tujuan Yg mw dicapai.
    Setiap Tindakan hAruz di pikirkan jauh lebih jauh dampak baik or buruk. jika ingin sukses haruz ada strategi yg mantap untuk mewujudkanx

    BalasHapus
  21. cerita yang bisa dijadikan pelajaran...
    Genghis khan..pemimpin yang membuat rencana..menyebarkan informasi(plan)pada kepala pasukannya..mengatur dan mengawasi agar yagn dilakukan sesuai dengan rencana..(contoh yang harus dikerjakan seorang pemimpin)

    shintya '47

    BalasHapus
  22. cerita yang dapat dijadikan contoh buat suatu pembelajaran diri, dimana segala sesuatu yang akan dilakukan harus direncanakan terlebih dahulu agar semua tersusu dengan baik dan pastinya hasilx juga akan OK.

    BalasHapus
  23. Pelajaran...
    tujuan,kesuksesan,kemenangan,keberhasilan,,,dapat dicapai dengan usaha dan pemikiran yang matang...itulah strategi keberhasilan masa depan

    BalasHapus
  24. bisa dikatakan pelajaran..
    diman dalam bertindak atau bila hendak melakukan sesuatu haruslah dengan perencanaan dan strategi yang baik agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai..tepat pada sasaran..

    BalasHapus
  25. Bismillah..
    Ini merupakan suatu pelajaran. Genghis khan menunjukkan managerial yang baik, dmn para pasukan genghis khan patuh terhadap perintah pemimpinnya. Menang kalahnya suatu peperangan tergantung strategi yang direncanakan. Selain itu, krjasama dan kesungguhan mnjadi faktor pendukung suatu kemenangan..

    BalasHapus
  26. hm, ini cerita yg bisa dijadikan pelajaran.. tentang perencanaan, strategi, manejerial, dan kepemimpinan.. kalo tau cerita lengkapnya psti bakal lebih menginspirasi lagi..

    BalasHapus
  27. hummm..
    cerita atau pelajaran itu bagaimana qta menyikapinya..
    jika kita hanya membaca karena ingin tahu tentang sejarah genghis khan maka hanya cerita lah yg dapat kita ambil..
    tetapi apabila kita membaca sambil memaknai maka kisah genghis khan ini akan menjadi pengalaman yang dapat menginspirasi hidup kita..
    tidak penting apakah cerita atau pengalaman..
    yg penting adalah bagaimana kita memaknainya setelah itu..

    thx..
    Icha

    BalasHapus
  28. satu hal yg tak kalah penting dari membuat rencana, yaitu sosialisasi rencana tsb, ya, rencana tidak akan pernah terwujud apabila stiap elemen yg terkait tidak diinformasikan. Oleh karena itu, kita dapat mengambil pelajaran mengenai pentingnya sosialisasi suatu rencan kepada semua pihak terkait

    BalasHapus
  29. kita bisa mengambil pelajaran dari sebuah cerita. Yang saya ambil dari cerita Genghis Khan ini adalah menjadi seorang pemimpin yang baik adalah bukan seseorang yang bertarung untuk menang (seperti melakukan apa saja tanpa pemikiran) namun seseorang yang telah menang sebelum bertarung, yaitu seseorang yang telah memperhitungkan segala hal sehingga kemenangannya adalah sesuatu hal yang mungkin.

    BalasHapus